-->

Kamis, Februari 01, 2018

author photo
Inilah Penyebab Tumbuh Uban pada Remaja - Perubahan warna rambut menjadi putih atau sering juga disebut dengan ubanan merupakan hal yang lumrah dan bisa dialami siapa saja, seiring dengan bertambahnya usia. Namun, jika uban tumbuh pada mereka yang masih remaja? tentunya ini menjadi masalah.

Inilah Penyebab Tumbuh Uban pada Remaja

Dilansir dari Medicalnewstoday, ternyata ada 5 hal yang dapat memengaruhi tumbuhnya uban, terutama pada mereka yang masih remaja atau berusia sekitar 20 tahun-an.

 Penyebab Tumbuh Uban pada Remaja


1. Pewarna rambut

Bagi kamu yang sering ber-gonta ganti warna rambut dengan menggunakan pewarna rambut, tampaknya kamu harus segera berhenti melakukan hal itu, jika kamu tidak ingin mengalami penuaan dini.

Inilah Penyebab Tumbuh Uban pada Remaja

Banyak sekali pewarna rambut yang mengandung bahan berbahaya bagi melanin yang ada pada rambut. Salah satunya zat hidrogen peroksida yang dapat mengakibatkan rambut menjadi cepat putih.

2. Merokok

Inilah Penyebab Tumbuh Uban pada Remaja

Sebuah penelitian pada tahun 2013 menunjukkan kebiasaan buruk seperti merokok dapat memengaruhi terjadinya penuaan dini. Seorang Perokok dapat 2,5 kali lebih memungkinkan beruban sebelum menginjak usia 30 tahun.

3. Stres oksidatif

Stres oksidatif adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkan nya. Stres oksidatif menjadi penyebab utama terjadinya penuaan dini.

Inilah Penyebab Tumbuh Uban pada Remaja

Terlalu sering mengalami stres oksidatif dapat mendorong perkembangan penyakit, termasuk kondisi pigmen pada kulit (vitiligo). Vitiligo juga dapat membuat rambut memutih akibat matinya sel melanin atau hilangnya fungsi sel.


4. Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin seperti, vitamin B-6, B-12, biotin, vitamin D, dan juga vitamin E ternyata dapat menjadi penyebab memutihnya rambut lebih awal.

Inilah Penyebab Tumbuh Uban pada Remaja

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016, seperti  yang dilaporkan oleh International Journal of Trichology, menemukan kadar feritin, vitamin, dan kolestrol baik HDL-C yang rendah dapat mengakibatkan tumbuhnya uban lebih awal pada remaja.

5. Faktor Genetika

Inilah Penyebab Tumbuh Uban pada Remaja
foto: healthyplace.com

Tumbuhnya uban pada remaja terjadi tidak hanya kekurangan vitamin, namun faktor genetika atau faktor keturunan dapat memengaruhi memutihnya rambut lebih awal.


Itulah beberapa faktor penyebab tumbuhnya uban pada remaja. semoga setelah membaca ini, kamu lebih bisa untuk mengontrol gaya hidup kamu ya guys! Semoga bermanfaat!

This post have 0 komentar

Komentar Anda Akan Melalui Proses Moderasi Dahulu sebelum di Tampilkan :)
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post